Dalam penyebarluasan
inovasi untuk mendukung program peningkatan produksi tanaman pangan tertentu
atau untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani diperlukan waktu
yang tidak sedikit dan kontinuitas (pemberian informasi dan pendampingan secara
terus menerus). Untuk memperlancar proses tersebut terlebih dahulu perlu
diidentifikasi kebutuhan untuk belajar petani sasaran informasi. Kebutuhan
belajar dipengaruhi oleh empat hal :
Kebutuhan
belajar Need
Motif
Drive
Motivasi Belajar
kegiatan belajar dalam SLPTT |
- Need
Pengertian Need
Need adalah
1. Kekosongan dalam kehidupan manusia atau tidak
terdapatnya sesuatu pada seseorang yang diperlukan bagi kesejahteraannya,
paling sedikit menurut perkiraannya sendiri.
Begitu kebutuhan mulai dihayati, maka
timbullah dorongan sebagai daya penggerak untuk melakukan sesuatu yang dapat
memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, penghayatan akan kebutuhan
menjadi suatu sumbar motivasi selama kehidupan manusia.
2. Suatu kesenjangan atau pertentangan yang dialami
suatu kenyataan dengan dorongan pada diri sendiri.
3. Kebutuhan merupakan pokok yang mendasari perilaku
seseorang.
Apabila kebutuhannya tidak terpenuhi
maka akan menunjukkan rasa kecewa. Sebaliknya mereka akan menunjukkan
kebahagiaan sebagai manivestasi dari rasa puasnya.
Contoh: Seorang petani berusaha meningkatkan
produktivitas tanaman padi sebagai tanaman persediaan ketika musim paceklik
tiba.
Menurut Abraham
Maslow, kebutuhan berupa:
a. Kebutuhan fisiologis
Merupakan kebutuhan tingkat terendah
atau kebutuhan paling dasar.
Contoh:
Makan, minum, bernafas dan seksual.
b. Kebutuhan rasa aman
Setiap orang menginginkan dan
membutuhkan adanya rasa keamanan pada dirinya.
Contoh: Kebutuhan
perlindungan dari ancaman dan pertentangan serta marabahaya.
c. Kebutuhan untuk merasa memiliki
Contoh: Kebutuhan
untuk diterima oleh suatu kelompok, berinteraksi dan kebutuhan untuk dicintai
serta mencintai.
d. Kebutuhan harga diri
Merupakan kebutuhan untuk dihargai dan
dihormati oleh orang lain.
e. Kebutuhan aktualisasi diri
Contoh: Kebutuhan untuk menggunakan
kemampuan yang dimiliki, skill, potensi dan kebutuhan untuk berpendapat dengan
mengeluarkan ide-ide serta kebutuhan dalam memberikan kritikan pada orang lain.
Tiga macam kebutuhan manusia menurut
David Mc Clellan (1961):
a. Need for achievement
Kebutuhan untuk
berprestasi yang merupakan reflesi dari dorongan rasa tanggung jawab untuk
pemecahan masalah.
Contoh : seorang penyuluh mempunyai
kebutuhan berprestasi tinggi cenderung lebih berani mengambil resiko, melakukan
pekerjaan atau mencapai prestasi kerja yang baik dari sebelumnya.
b. Need for affiliation
Kebutuhan untuk
berafiliasi, berinteraksi dengan orang lain, berada dengan orang lain, tidak
mau melakukan sesuatu yang merugikan orang lain.
Contoh : penyuluh memberikan penyuluhan
tentang irigasi, di mana terjadi interaksi, saling menghormati, adanya
keterbukaan dalam proses pembelajaran .
c. Need for power
Kebutuhan untuk
kekuasaan, refleksi dari dorongan untuk mencapai otoritas, untuk mempunyai
pengaruh dari orang lain.
Contoh : seorang petani semangka
berusaha memperluas jumlah lahannya supaya memiliki kekuasaan untuk dapat
menarik pekerja atau buruh tani di daerahnya lebih banyak daripada pemilik
lahan yang lain.
Teori ERG, refleksi nama tiga dasar
kebutuhan menurut Alfeder :
a. Existence needs
Kebutuhan yang berhubungan dengan
fisik seseorang.
Contoh : makan, minum, bernafas,
berpakaian, gaji, keamanan kerja.
b. Relatedness needs
Kebutuhan interper personal atau
kepuasan dalam interaksi dalam lingkungan kerja.
Contoh : seorang penyuluh ketika
bertukar pikiran tentang pengalaman kerja atau pengetahuan baru dalam dunia
pertanian dengan teman seprofesinya.
c. Growth needs
Kebutuhan untuk mengembangkan diri,
berhubungan dengan kecakapan individu.
Contoh : penyuluh tidak hanya berpuas
diri dengan ilmu yang dimilikinya tetapi masih terus belajar untuk memperdalam
pengetahuannya.
- Motif
Pengertian motif
Motif adalah:
1. Suatu kecenderungan untuk beraktivitas, dimulai
dari dalam diri (drive) dan diakhiri dengan penyesuaian diri.
2. Kebutuhan yang distimulisasikan yang berorientasi
pada tujuan individu dalam mencapai rasa puas.
3. Suatu dorongan kebutuhan dalam diri seseorang yang
perlu dipenuhi, agar orang tersebut dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungannya.
4. Daya penggerak dari dalam diri seseorang untuk
melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan.
Contoh: Seorang
petani ingin meraih hasil panen yang melimpah pada lahan pertaniannya. Pada
suatu saat dia memiliki angan-angan untuk bertindak relevan dan mewujudkan
keinginan yang ingin dicapainya tersebut.
- Drive
Pengertian drive
Drive adalah:
1. Energi yang mendorong suatu organisme untuk
melakukan suatu tindakan.
2. Drive sebagai aspek motivasi dari tubuh yang tidak
seimbang.
3. Drive adalah jumlah seluruh ketidakseimbangan
fisiologis yang disebabkan oleh kehilangan kebutuhan komoditas untuk
kelangsungan hidupnya.
Contoh : karena
kekurangan pendapatan, seorang petani terpaksa menjual sawahnya untuk memenuhi
kebutuhan sehari – hari.
- Motivasi Belajar
Pengertian motivasi
Motivasi adalah :
1. Keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri
seseorang yang menimbulkan suatu kegiatan, menjamin kelangsungan suatu kegiatan
dan memberikan arah pada kegiatan tersebut demi mencapai suatu tujuan.
Motivasi
memegang peranan penting dalam memberikan gairah atau semangat sehingga orang
yang bermotivasi kuat memiliki banyak energi untuk melakukan suatu kegiatan.
2. Suatu kondisi yang menggerakkan manusia kearah
tujuan tertentu.
3. Motivasi merupakan energi untuk membangkitkan
energi dalam diri.
4. Ciri kepribadian yang agak stabil dan tidak mudah
berubah atau motif yang menjadi aktif pada saat – saat tertentu.
Contoh : seorang
petani mempunyai keinginan untuk memperluas lahan pertanian atau sawahnya maka
dia akan bekerja sekuat tenaga supaya dapat mengumpulkan uang dan dapat membeli
lahan yang baru.
Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon