WISATA KEBUN TEH KEMUNING

4:31 AM


menikmati alam sambil makan bersama keluarga

Wisata alam memang menjadi tempat yang sangat tepat untuk rekreasi keluarga tau hanya sekedar melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Salah satu lokasi wisata yang saya referensikan kepada pembaca sekalian adalah kebun teh kemuning, lokasinya di kabupaten Karanganyar. Kebun teh kemuning berada di lokasi yang tidak jauh dari wisata candi Sukuh dan Candi Cetho, jika anda ke candi Cetho maka malah akan melewati lokasi sini. Kebun teh ini sangat luas dengan kepemilikannya pemerintah sehingga anda bebas untuk memsuki wilayah wisata, paling hanya membayar parkir.

Untuk tempat wisata yang ramai pengunjung memang tidak begitu nyaman, paling anda Cuma bisa berfoto-foto atau makan di kedai makan di pinggir jalan. Menurut saya kurang begitu mengesankan. Ke kebun teh paling enak adalah menikmati pemandangan serta bercengkarama bersama keluarga, mungkin sambil menyantap makanan di dalam areal kebun teh. Jadi anda mempersiapkan perlengkapan terlebih dahulu sebelum berangkat yaitu : tikar, makanan dan minuman. Atau tikar saja makanan dan minuman bisa membeli di kedai dekat dari kebun.

Sampai di lokasi kebun teh, anda cari yang agak sepi kemudian anda cari jalan pada areal kebun, biasanya ada jalan setapak. Di jalan tersebut anda bisa menggelar tikar dan bersantai bersama keluarga. Suasana yang sejuk pegunungan memberikan kesan tersendiri dan suasana yang sangat menenangkan.

Di areal kebun teh Kemuning juga banyak di temukan wisata outbond, paralayang, rafting dan wisata tempat untuk berfoto-foto yang sepertinya dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk biaya makan, tiket dan parkir di tempat ini terbilang cukup murah. Cuma pada hari libur tentu saja lokasinya bisa sangat ramai sekali, tempat-tempat penginapan juga banyak dari hotel sampai villa.

Saya ke kebun teh kemuning pada libur lebaran, sehingga lumayan ramai. Bahkan ketika mampir ke kedai makan untuk membeli sate kelinci yang merupakan jajanan khas pegunungan yang katanya jika memakan sate ini bisa membuat tubuh menjadi hangat, ternyata banyak yang habis sehingga saya harus berpindah-pindah kedai untuk mencari sate kelinci karena sebagian besar telah habis. Setelah bertanya dari kedai ke kedai dapatlah saya di sebuah kedai pinggir jalan sate kelincinya masih tapi lontongnya yang habis. Akhirnya saya tetap pesan sate kelinci dengan nasi. Kalau di bandingkan di rumah ya nasinya enak di rumah, mungkin jenis berasnya lokal sehingga agak pera (tidak lengket), sambal satenya lumayan enak. Wlaupun beli sate kelinci tetapi saya tidak makan sate kilinci, istri saya yang makan katanya enak dengan bukti satenya habis. Perporsi harganya pada saat itu libur lebaran tahun 2017 adalah Rp.15.000 dengan 10 tusuk sate. Sate ayam dan kelinci harganya sama, kalau di lihat dari dagingnya karena saya juga beli sate ayam , memang sate yang di jual di kebun teh kemuning ini adalah asli. Jadi tidak ada campuran daging, misalnya jual sate klinci ternyata dagingnya di campur ayam. Di lokasi wisata ini dagingnya benar-benar 100% asli.

Jika anda tertarik untuk ke kebun teh kemuning ini tidak ada salahnya jika anda juga membawa baju ganti karena terkadang turun hujan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon