KULINER DI BOYOLALI : SATE KAMBING BU RANTO

10:01 AM


sate kambing bu ranto

Kalau anda ingin berwisata kuliner di daerah boyolali, saya akan mereferensikan lokasi kuliner Sate kambing Bu Ranto dengan alamat Jl.Taman Tacung Kampung Koplak Rt03/06 Siswodipuran Kab Boyolali. Jika anda dari semarang lewat jalur kota setelah simping lima patung kuda kemudian menemui pasar Boyolali, ambil kanan di lapak-lapak penjual stampel. Lokasinya tidak dipinggir jalan raya, jalannya naik masuk perkampungan. Rumah makan sate Bu Ranto berada di sebelah kanan deretan ruko-ruko. Kalau anda dari kota solo, jalannya menuju kota (bukan jalan bus) nanti melewati Amigo Boyolali, setelah amigo ambil kiri tepat di depan pasar boyolali (yang banyak lapak jasa pembuatan stampel). Jalannya lumayan lebar tetapi untuk kendaraan roda 4 pastikan kondisi hand rem dalam keadaan normal karena parkirnya nanti pas jalan nanjak, petugas parkirnya juga menyediakan batu sebagai ganjal ban mobil yang di parkir. Parkirannya tidak begitu luas tetapi anda bisa juga parkir di bahu jalan sepanjang ruko, hanya saja kondisi jalannya miring sehingga perlu di hand rem. 
parkiran

Rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung, buka setiap hari dari pukul 9.00 WIB hingga 15.00 WIB, tetapi terkadang sebelum jam 15.00 WIB sudah tutup karena satenya habis.
ruko-ruko di sebelah
Rumah makan sate Kambing Bu Ranto hanya menyediakan menu sate kambing harganya karena waktu itu saya rombongan 5 orang dengan menu sate kambing + Nasi + es teh = Rp.150.000,- sehingga kalau di bagi rata Rp 30.000,- per porsi (sate+nasi+esteh). Tidak perlu lama jika anda memesan sate di tempai ini, tidak sampai satu menit sate sudah dihidangkan padahal antrinya banyak sekali. Walaupun tidak ada pesanan pedagangnya selalu membakar sate, di buat setengah matang baru kemudian kalau ada yang pesan langsung dimatangkan, sehingga tidak perlu menunggu lama. Cara membakarnya hanya menggunakan kipas bambu untuk menjaga bara apinya tetap menyala. Potongan satenya besar-besar tetapi sangat empuk, rasanya juga sangat enak, bau kambingnya(prengus) tidak ada tetapi rasanya benar-benar sate kambing murni, irisan bawangnya lumayan besar dan banyak padahal waktu itu harga bawang merah lagi mahal berarti pedagangnya konsisten terhadap pembeli, ada juga acar dan irisan-irisan kubis. Bagi anda yang suka makan pedas sudah disedikan cabai rawit hijau di setiap meja, tinggal ambil sendiri sesuai selera. Rasa tehnya juga enak, ya boleh dikatakan lokasi ini sangat rekomended untuk jajan.


hanya menggunakan kipas
selalu ramai pengunjung jam 9-15

sate kambing bu ranto

Rukonya tidak begitu besar, hanya ada beberapa meja saja dan selalu penuh, tetapi jangan khawatir karena pelayanannya yang cepat sehingga anda datang pasti akan dapat meja juga, ada yang datang juga ada yang pulang. Kalau anda ingin berwisata kuliner di Boyolali silahkan mampir ke Sate kambing Bu Ranto.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon