Cara Memperbaiki Lampu Belakang Mobil Karimun Kotak Yang Mati Dengan Murah Meriah

4:19 PM

          Saya ada pengalaman yang akan saya bagikan pada artikel kali ini yaitu bagaimana memperbaiki lampu mobil Karko yang mati. Hanya berbekal nekat saya mencoba memperbaiki lampu mobil tersebut dan alhamdulillah berhasil menyala lagi dengan baik. Sebelum saya sampaikan bagaimana cara memperbaikinya terlebih dahulu saya ceritakan kronologisnya, jadi ketika saya mengecek lampu mobil saya biasa tiap pagi ketika memanasi mesin mobil saya juga menyalakan hazard untuk mengecek sein apakan berfungsi dengan baik atau tidak, mengingat pernanan sein mobil sangat vital untuk menghindari kecelakaan. Ternyata ketika di nyalakan lampu tidak menyala, pada mobil kaimun kotak jika ada konsleting maka lampu yang akan menyala adalah lampu rem, jadi lampu rem kedip-kedip seperti sein,perkiraan saya demikian dan ketika saya buka lampunya ternyata benar ada kabel yang terbakar.

Ada kabel yang terbakar pada lampu belakang karimun
         Melihat memang ada kabel yang terbakar saya kemudian mencopot  kabel tersebut dari sambungan utama. Saya mengira ada yang jual satu paket dari kabel hingga dudukan lampu, tetapi ternyata saya mencari dari toko ke toko sperpart mobil tidak ada menjual, apalagi mobil karimun kotak termasuk mobil yang lama, menurut penjualnya kalaupun ada harus membeli satu paket dengan rumah lampunya, dan saya coba cek di google ada yang jual online harganya ratusan ribu, karena memang tidak bisa membeli hanya kabel dan dudukan lampunya saja. Pada saat itu saya putus asa, sempat kepikiran mau membeli di pasar loak mungkin ada yang menjual. Disamping toko sperpart mobil ada toko elektronik, saya kemudian mencoba bertanya ke toko tersebut, ternyata juga tidak menjual. Atas saran dari bapak penjual di toko elektronik tersebut saya disuruh ganti saja kabelnya dengan kabel yang baru dan ukurannya sama, untuk dudukan lampu nanti di solder. Saya pun diberitahu bagaimana cara menyoldernya, akhirnya saya membeli kabeln dan kuningan di sambungan warna putih ke sumber utama, karena sambungannya yang sama seperti milik karimun kotak ternyata juga sulit di temukan di toko sperpart atau tidak ada yang menjual.

         Yang saya beli di toko elektronik tersebut adalah : solder, tenol, kuningan sebanyak 5 buah, isolasi bakar, kabel 2 meter 2 warna. Sebenarnya jika toko elektroniknya kabelnya lengkap lebih baik membeli seperti warna yang ada pada kabel yang dulu, saya membeli 2 warna karena memang di toko tersebut adanya cuma 2 warna tersebut. Jika sudah selanjutnya perlu untuk memfoto instalasi yang ada, jangan sampai salah pasang. Foto tersebut menjadi panduan ketika kita mau pasang ulang setelah diganti semua kabelnya, karena nanti kabelnya di potong semua dan diganti dengan yang baru.

sambungan warna putih ke kabel utama lampu
         Pertama dilakukan pengantian kuningan. Kuningan pada sambungan tersebut harus diganti juga agar sekali bongkar kita mendapatkan hasil yang bagus, karena pasti sudah aus. Untuk mengganti bagian kuning tersebut memerlukan obeng ninus kecil atau bisa pakai taspen. Kalau harganya kuningan itu sangat murah, jadi di ganti saja. Jika sudah di keluarkan selanjutnya memasang kuningan yang baru pada kabel yang baru juga.

sambungan sudah diganti dengan kabel yang baru
         Kalau saya tidak saya sambung langsung sampai dudukan lampu, dengan tujuan biar mudah dalam merangkainya sesuai gambar di foto sebelum isntalasi dibongkar, maklum saya juga tidak pintar dalam elektroniik. Selanjutnya jika sambung putih sudah diganti kuningan dan kabelnya adalah mengganti kabel pada dudukan lampu dengan kabel yang baru. Pada dudukan lampu ada putihnya, itu kalau mau diganti tinggal di solder saja, kabel lama di buang kemudian di ganti kabel baru dan di solder lagi.

Kabel dudukan lampu sudah diganti
         Jika kabel dudukannya sudah diganti selanjunya tinggal di rangkai ulang sesuai dengan foto sebelum di ganti kabelnya. Ingat jangan sampai salah, jika salah kemungkinan akan ada konsleting lagi dan ini terjadi pada saya salah menyambung kabel yang mengakibatkan lampu rem tidak menyala, setelah diperbaiki lampu tetap tidak menyala. Pada awalnya hal tersebut membuat bingung saya apa yang salah dengan sambungan saya, kemudian saya coba searching jika sambungan sudah benar dan tetap tidak menyala padahal bohlam lampu tidak ada yang putus kemungkinan besar masalahnya terletak pada sekring lampu belakang yang putus. Kemudian saya cek sekring lampunya. 
salah sambung kabel, lampu rem tidak menyala

di cek sekring ternyata putus, terlihat di tengah sambungannya putus
         Kalau mobil karimun kotak letak sekring lampu belakang di box di bawah setir, untuk mencabut sekringnya cukup sulit jika tidak memiliki alat bantu, sebenarnya ada alat khusus ntuk mencabut sekring, harganya cukup murah. Pada saat itu saya tidak punya dan menggunakan tang kecil, penggunaan tang ini ada kelemahannya yaitu tidak bisa mencabut sekring di paling pojok, hanya bisa di tengah. Perlu diketahui jika mengganti sekring harus dengan ukuran yang sama, kalau sekring lampu ini ukurannya 15 ampere, harganya sangat murah hanya 2 ribu rupiah kalau tidak salah. Kalau beli yang banyak sekalian untuk cadangan jika ada yang putus lagi. Setelah diganti sekring dan dinyalakan kembali, alhamdulillah lampu mobil sudah niormal kembali.
lampu mobil sudah normal
         Demikian pengalaman saya dalam memperbaiki lampu belakang mobil, kasus ada konsleting kabel dan kabelnya terbakar. Saran buat teman-teman untuk tidak terburu-buru mengganti dengan sperpart yang baru, karena harganya cukup mahal dan harus beli satu set beserta rumah lampunya. Kita bisa menghemat dan hasilnya juga seperti lampu yang baru dengan cara memperbaiki sendiri. Semoga bermanfaat, terima kasih



 

 

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon