CARA MENYIMPAN PESTISIDA

1:31 AM
Pestisida tidak pernah lepas dari kehidupan Petani. Sejak pertanian konvensional mulai di terapkan penggunaan pestisida khususnya kimia sangan intensif, walaupun terdapat dampak negatif yang telah diketahui hingga saat ini terutama terhadap pencemaran lingkungan dan kesehatan petani, penggunaan pestisida kimia juga sangat penting untuk membunuh OPT tanaman dengan tingkat serangan yang bisa merugikan.
Dalam upaya menghindari/ mencegah bahaya terjadinya keracunan pada manusia, hewan peliharaan, ternak, pencemaran lingkungan dan turunnya mutu pestisida selama dalam penyimpanan, maka berikut petunjuk yang perlu mendapat perhatian antara lain:
1. Simpan pestisida dalam wadah dan pembungkus aslinya, serta dalam keadaan yang tertutup rapat. Jika wadah dan pembungkusnya dalam keadaan rusak siapkan wadah lain yang aman dan pindahkan pestisida tersebut ke dalamnya. Hindari menggunakan wadah bekas makanan dan minuman sebagai wadah penggantinya. Tuliskan jenis pestisida, nama formulasinya dan berilah tanda peringatan bahaya bertuliskan "AWAS RACUN BERBAHAYA"
2. Jangan menyimpan pestisida bersama-sama dengan makanan maupun minuman, bahan pangan, paakan ternak, bibit, ternak dan hewan peliharaan lainnya, jangan menggunakan ruang dapur, kamar mandi atau kamar tidur sebagai tempat menyimpan pestisida untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya tertukar dengan sabun dan sebagainya. Gunakan tempat penyimpanan khusus yang terpisah dari dapur, ruang makan, kamar mandi, kamar tidur, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
3. Simpan pestisida pada tempat yang terlindungi, teduh, tidak terkena sinar matahari langsung, mempunyai ventilasi yang cukup, tidak kehujanan/kebanjiran agar mutu pestisida tetap terjaga dan tidak membahayakan.
4. Periksa tempat penyimpanan pestisida secara teratur untuk mengetahui ada atau tidak wadah yang bocor/ rusak atau pestisida yang tumpah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon