Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membatu mendapatkan konsumen yang layak kredit, dalam hal ini berkaitan dengan karakter konsumen. Beberapa cara itu antara lain :
1. Perhatikan keterbukaan dan kejujuran calon konsumen dalam memberikan data/informasi, perhatikan gerak-gerik calon konsumen dalam mengundang surveyor masuk ke rumah.
2. Perhatikan sikap dan cara bicara calon konsumen saat di interview apakah gelisah, pandangan mata selalu ke arah lain atau gugup dalam menjawab pertanyaan.
3. Apakah calon konsumen cukup dikenali dilingkungan ?
4. Cek apakah calon konsumen tepatwaktu dalam membayar tagihan-tagihan lain.
5. Ketidak hadiran pasangan pada saat survey ( contoh IRT tapi tidak terlihat di rumah, atau tidak peduli dengan proses survay).
6. Cek calon konsumen apakah masuk dalam negative list profesi yang dipertimbangkan untuk lebih berhati-hati /dihindari (wartawan, pengacara, TNI, POLRI, Mediator/Makelar, Artis, LSM, Paranormal, Jaksa).
7. Antusias terhadap proses survay atau tidak.
Semoga bermanfaat bagi pembaca yang bekerja di bidang keuangan agar bisa mendapatkan konsumen yang baik dan bertanggung jawab
Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon