Pengertian Copywriting

7:46 PM


Copywriting
adalah teknik penulisan beragam tulisan yang kita temui, baik di situs web, surat kabar, buku, atau jenis lainnya yang khusus digunakan untuk membuat iklan atau promosi. Meskipun sebagian besar orang menganggap bahwa membuat iklan atau mempromosikan suatu produk adalah hal yang mudah dan ringan, tapi sebenarnya butuh banyak kreativitas dan pikiran-pikiran yang out of the box untuk menghasilkan sebuah iklan yang menarik. Tulisan dalam copywriting harus mampu menarik perhatian (attention), menimbulkan ketertarikan (interest), keinginan (desire), menciptakan keyakinan (conviction) dan tindakan (action).

Copywriting juga dapat diartikan sebagai naskah iklan, atau bahasa yang digunakan dalam iklan. Dalam copywriting dibutuhkan kemampuan creative advertising dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan dengan menggabungkan kerja intelektual dan seni untuk memenuhi pesan penjualan. Dengan kata lain, copywriting adalah bagian dari iklan itu sendiri. Selain itu, copywriting adalah seni menghidupkan sebuah iklan pada sebuah promosi penjualan. Bagaimana membuat tulisan pada iklan tersebut mampu menjadi daya magnet yang ampuh untuk mengikat pelanggan agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Jika lebih disederhanakan lagi pengertian copywriting adalah hasil pemikiran kreatif untuk menghasilkan tulisan yang persuasif(membujuk) guna menarik perhatian pasar. Tulisan persuasif ini berlaku pada media apapun, termasuk media cetak dan elektronik. Copywriting memenuhi berbagai kriteria, yaitu :

1.      Copywriting merupakan bagian dari iklan, sehingga mengarah pada promosi penjualan dan pemasaran suatu produk,

2.      Copywriting menonjolkan sisi keindahan dalam tulisan berupa diksi, gaya bahasa, dan kedalaman makna,

3.      Copywriting harus mengedepankan aspek kejujuran dalam memberikan informasi, ada tanggung jawab moral dan hukum jika kenyataannya berbanding terbalik dengan apa yang dicantumkan dalam sebuah copywriting, dan

4.      Copywriting memiliki kekuatan kata-kata, daya imajinasi, persuasi, dan daya memikat khalayak agar tertarik dengan produk yang diiklankan. Penggunaan daya imajinasi yang kreatif akan mendorong konsumen untuk membayangkan, menuliskan dan memikirkan produk dalam benak mereka.

Penulisan naskah untuk penjualan digital yang berkualitas adalah kunci untuk mengubah apapun ide bisnis kita dari ekspektasi menuju realitas. Dalam menjual produk kenyataannya tidak akan mendapatkan pembeli secara maksimal jika kita hanya berharap pada menulis harga dan manfaat produk. Tetapi kita juga harus bisa mengkomunikasikan nilai produk itu pada khalayak. Dengan menggunakan teknik penulisan naskah yang berkualitas dan tepat kita bisa mendatangkan pembeli hingga 5 kali lipat dibandingkan jika kita hanya menggunakan pemasaran dengan gaya lama.

Berbeda dengan pemasaran yang belum memanfaatkan digital. Pemasaran melalui digital bisa menjangkau hampir semua masyarakat Indonesia yang sebagian besar memang sudah melek teknologi. Iklan atau promosi bisa dilakukan dimana saja, tidak hanya sebatas pada slebaran kertas yang disebar dari tangan ke tangan atau sebuah iklan dalam televisi yang lebih fokus pada audio-visualnya. Disitulah sebuah tulisan yang sifatnya membuju atau persuasif akan digunakan.

Jika kita bisa menulis tulisan yang menarik dan provokatif serta bisa mengajak orang-orang untuk membaca dan ingin tahu lebih jauh terhadap apa yang kita tulis, maka sebuah indikator bahwa tulisan yang kita buat sudah berhasil. Tidak hanya terbatas pada target pasar, kita bisa menarik lebih banyak orang untuk ingin tahu lebih jauh terhadap produk yang kita promosikan.

  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon