Copywriting adalah teknik penulisan beragam tulisan yang kita temui, baik di situs web, surat kabar, buku, atau jenis lainnya yang khusus digunakan untuk membuat iklan atau promosi. Meskipun sebagian besar orang menganggap bahwa membuat iklan atau mempromosikan suatu produk adalah hal yang mudah dan ringan, tapi sebenarnya butuh banyak kreativitas dan pikiran-pikiran yang out of the box untuk menghasilkan sebuah iklan yang menarik. Tulisan dalam copywriting harus mampu menarik perhatian (attention), menimbulkan ketertarikan (interest), keinginan (desire), menciptakan keyakinan (conviction) dan tindakan (action).
Copywriting
juga dapat diartikan sebagai naskah iklan, atau bahasa yang digunakan dalam
iklan. Dalam copywriting dibutuhkan kemampuan creative advertising
dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan dengan menggabungkan
kerja intelektual dan seni untuk memenuhi pesan penjualan. Dengan kata lain, copywriting
adalah bagian dari iklan itu sendiri. Selain itu, copywriting adalah
seni menghidupkan sebuah iklan pada sebuah promosi penjualan. Bagaimana membuat
tulisan pada iklan tersebut mampu menjadi daya magnet yang ampuh untuk mengikat
pelanggan agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Jika lebih
disederhanakan lagi pengertian copywriting adalah hasil pemikiran
kreatif untuk menghasilkan tulisan yang persuasif(membujuk) guna menarik
perhatian pasar. Tulisan persuasif ini berlaku pada media apapun, termasuk
media cetak dan elektronik. Copywriting memenuhi berbagai kriteria,
yaitu :
1.
Copywriting
merupakan bagian dari iklan, sehingga mengarah pada promosi penjualan dan
pemasaran suatu produk,
2.
Copywriting
menonjolkan sisi keindahan dalam tulisan berupa diksi, gaya bahasa, dan
kedalaman makna,
3.
Copywriting
harus mengedepankan aspek kejujuran dalam memberikan informasi, ada tanggung
jawab moral dan hukum jika kenyataannya berbanding terbalik dengan apa yang
dicantumkan dalam sebuah copywriting, dan
4.
Copywriting
memiliki kekuatan kata-kata, daya imajinasi, persuasi, dan daya memikat
khalayak agar tertarik dengan produk yang diiklankan. Penggunaan daya imajinasi
yang kreatif akan mendorong konsumen untuk
membayangkan, menuliskan dan memikirkan produk dalam benak mereka.
Penulisan naskah
untuk penjualan digital yang berkualitas adalah kunci untuk mengubah apapun ide
bisnis kita dari ekspektasi menuju realitas. Dalam menjual produk kenyataannya
tidak akan mendapatkan pembeli secara maksimal jika kita hanya berharap pada
menulis harga dan manfaat produk. Tetapi kita juga harus bisa mengkomunikasikan
nilai produk itu pada khalayak. Dengan menggunakan teknik penulisan naskah yang
berkualitas dan tepat kita bisa mendatangkan pembeli hingga 5 kali lipat
dibandingkan jika kita hanya menggunakan pemasaran dengan gaya lama.
Berbeda dengan
pemasaran yang belum memanfaatkan digital. Pemasaran
melalui digital bisa menjangkau hampir semua masyarakat Indonesia yang sebagian
besar memang sudah melek teknologi. Iklan atau promosi bisa dilakukan dimana
saja, tidak hanya sebatas pada slebaran kertas yang disebar dari tangan ke
tangan atau sebuah iklan dalam televisi yang lebih fokus pada audio-visualnya.
Disitulah sebuah tulisan yang sifatnya membuju atau persuasif akan digunakan.
Jika kita bisa
menulis tulisan yang menarik dan provokatif serta bisa mengajak orang-orang
untuk membaca dan ingin tahu lebih jauh terhadap apa yang kita tulis, maka
sebuah indikator bahwa tulisan yang kita buat sudah berhasil. Tidak hanya
terbatas pada target pasar, kita bisa menarik lebih banyak orang untuk ingin
tahu lebih jauh terhadap produk yang kita promosikan.
Silahkan memberi komentar yang membangun EmoticonEmoticon